Selasa, 02 Oktober 2012

Wimar Witoelar: “Hell, Yeah!’* Oleh Fira Basuki



Judul               : Wimar Witoelar: “Hell, Yeah!’*
Penulis             : Fira Basuki
Penerbit           : PT. Grasindo
xviii + 282 hlm
            Sebuah biografi dari seorang Wimar Witoelar yang ditulis oleh Fira Basuki. Bukan hanya karena ini adalah biografi pertama yang ditulis Fira, tapi juga karena dia adalah seorang penulis novel, entah disengaja atau tidak oleh penulis, buku ini bagi saya memiliki citarasa yang berbeda dari kebanyakan buku biografi yang sudah saya baca (yang memang cuman sedikit), terasa ringan, pop, dan manis. Tidak hanya menceritakan kehidupan sosok Wimar Witoelar berdasarkan deret waktu, tetapi lebih pada “ini dan itu” seputar kehidupan Wimar Witoelar.
Tidak ada bab khusus yang membahas secara mendalam seputar perjalanan karir WW (inisial untuk Wimar Witoelar) semasa jabatannya menjadi juru bicara Gus Dur saat menjadi presiden R.I atau saat dipenjarakan oleh rezim orde baru. Semua diulas sekilas saja dalam kemasan ringan. Beberapa episode kehidupan WW diceritakan oleh keluarga Witoelar terdekat dan beberapa dicomot dari artikel dari sana-sini seperti dari blog milik WW sendiri atau liputan wawancara WW di beberapa media.
Yang kental dari buku ini adalah memperlihatkan sudut pandang WW dalam segala hal, kalau boleh meminjam kata favorit dari WW sendiri yang juga dijadikan nama show televisinya “perspektif”. Perspektif WW tentang masa kecilnya, tentang dirinya sendiri, tentang rezim orde baru, Gus Dur, tentang pemerintah, SBY, Habibie, tentang karir, keluarga, kerabat, kesehatan, tentang sebuah lirik lagu dan segala sesuatunya. Juga sangat dominan perspektif dari penulis sendiri akan sosok WW dituangkan dalam buku ini. Selain dari keluarga dan kerabat seperti Rachmat Witoelar yang bercerita tentang masa kecil WW, mereka pun tak luput memberikan perspektifnya akan sosok WW. Tidak kurang dari dua puluh enam testimony orang orang yang mengenal WW dihadirkan untuk melengkapi dan membentuk perspektif pembaca.
Ini adalah sebuah episode acara Prespektif yang menghadirkan  WW sebagai tamunya dan FirBas sebagai pembawa acaranya, dalam hidangan berbentuk buku. Menghibur, menyenangkan dan memberi perspektif baru akan sebuah buku biografi. Salut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar