Selasa, 02 Oktober 2012

Catatan Ayah ASI Oleh @ID_AyahASI

Judul: Catatan Ayah ASI
Penulis: @ID_AyahASI
Penerbit: Lentera Hati
Halaman: 188 Hlm.
Cetakan: I, juli 2012
ISBN: 978-602-8663-92-2

buku ini saya baca atas rekomendasi dari istri yang tengah dalam kondisi menyusui, dengan iming-iming sebuah kaos baru sebagai hadiah. hal pertama setelah selesai membaca halaman terakhir (maksudnya catatan sampul belakang) adalah texting istri saya untuk bertanya apakah saya sudah masuk kriteria ayah ASI? jangan-jangan rekomendasi (setengah memaksa) untuk membaca buku ini karena saya belum bersikap menjadi ayah ASI dan sikap saya yang tidak peduli, oleh karenanya, agar "melek" saya diminta membaca buku ini.

"kenapa? takut ga dikasih kaosnya yah?" jawab istri saya waktu itu.

Ah. Jujur, jika saya membandingkan diri saya dengan para ayah ASI dalam buku saya jadi merasa sedikit minder. Segala prihal tentang ASI, kelumit lain membesarkan anak dan hal lain yang mengikutinya tidak pernah benar-benar saya khususkan untuk mempelajarinya, bukannya tidak perduli, tapi karena istri saya yang begitu excited dengan begitu banyak referensi yang dia kumpulkan, maka strateginya (muslihat lebih tepanya) adalah membiarkan dia membaca terlebih dahulu kemudaian membiarkan dia menyaring, menyimpulkan dan menerangkan poin-poin terpenting pada saya. pada saat itulah informasi yang dia berikan saya coba serap semaksimal mungkin, so, She become my greatest mentor. mungkin terdengar licik tapi efektif (pembenaran... selalu saja mencari pembenaran)

Kembali ke buku, bermula dari delapan ayah yang membuat akun twitter @ID_AyahASI (jelasnya tidak tau persis seperti apa karena masih steril dari yang namanya twitter), Aditia Sudarto, Dipa Andika Nurprasetyo, Ernest Prakarsa, Pandu Gunawan, A. Rahmat Hidayat, Shafiq Pontoh, Sogi Indra Dhuaja, dan Syarif Hidayatullah menuangkan pengalaman mereka menjadi seorang ayah pro ASI yang akhirnya terkeristal dalam sebuah buku. sebuah bentuk sharing pengalaman dan kepedulian dalam format pop yang ringan dan menghibur, dengan toping komik strip lucu dan tips-tips seputar ASI yang informatif. buku ini bisa menjadi panduang dan gambaran kecil untuk para calon ayah, penyemangat untuk para ayah ASI lainnya dan mungkin menjadi penggugah kenangan yang mengharu biru (atau setidaknya cengar-cengir sendiri) untuk para ayah yang telah melewati tahapan ini. Sebuah buku parenting guide yang maskulin.


my fave quotes:

"asi itu adalah cairan positif, bukan cuma kandungannya, tapi juga emosi yang terkandung didalamnya, hingga Allah hanya meridhoi asi keluar dari ibu yang sedang bahagia"



PS: akhirnya istri saya mengirim sebuah teks,
    "ga kok, dulu ak sempat kuciwa (kecewa) di awal ak minta km baca artikel2 yg ak kumpulin ttng ASIP dan ASI             itu tp km ga baca2.... (inget ga?)"

    "tp pas prakteknya sih km ayah ASI banget kok....."



    YES...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar