Selasa, 02 Oktober 2012

THE SEED, Menemukan Panggilan dan Kebahagiaan Dalam Hidup dan Pekerjaan Oleh JON GORDON



Judul        : THE SEED, Menemukan Panggilan dan Kebahagiaan Dalam Hidup dan Pekerjaan
Penulis    : JON GORDON
Penerbit : PT Menuju Insan Cemerlang
Tebal        : xii + 260 hlm.; 11 cm x 16 cm
Cetakan  : pertama, Desember 2011
ISBN         : 978-602-8482-50-9

                   Sebuah buku motivasi  dan panduan untuk orang-orang yang tengah dalam proses pencarian panggilan hidupnya. Diuraikan dalam bentuk sebuah cerita fiksi yang bagi saya terasa sedikit dipaksakan untuk beraroma mistis/magis padahal tanpa tambahan itu buku ini bisa terasa lebih nyata dan menggugah.
                   Dengan tokoh utama bernama Joshua, bermula dari sebutir benih “Josh” melakukan  sebuah perjalanan pencarian sesuatu yang di buku ini disebut “panggilan,” saya sendiri menginterprestasikan istilah ini  dengan purpose dalam definisi passion-nya Réne Suhardono.  Sebuah perjalanan yang menuntunnya kembali kemasa lalu dan menemukan apa (meminjam kembali istilah Réne Suhardono) “truth strength” pada dirinya.  Dengan mengetahui talenta yang dimilikinya pencarian berlanjut pada pencarian apa yang menjadi passion-nya, kerinduan dalam dirinya. Juga tentang “tanda,” isyarat dari alam semesta.
Buku ini pun mengajarkan kita tentang perspektif, untuk melihat keadaan kita dari sudut pandang yang lebih baik. Tentang menggunakan talenta terbaik kita, dalam pencarian diri tentang passion dan pourpose, sepertinya kita (-red. Saya) sering tergiring pada pemahaman bahwa untuk menggunakan talenta yang kita miliki secara maksimal dan untuk menjalani passion, maka profesi yang harus kita pilih harus merupakan talenta tersebut atau setidaknya berhubungan dekat, seakan kita menjadikan hobby kita sebagai pekerjaan kita, well, memang ada segolongan orang beruntung yang melakukan hal seperti itu dan mereka berhasil dan sukses. Tapi formula itu tidak bisa bekerja pada semua orang. Dari apa yang saya terjemahkan dari buku ini, janganlah melakukan pencarian karir yang sesuai dengan passion kita, tetapi awalilah  mengasah passion kita pada saat ini juga, dimanapun kita berada, apapun jenis pekerjaan kita atau karir yang kita pilih. Seperti menanam benih, dimana kita sendirilah yang menjadi benih. Berusaha yang terbaik untuk tumbuh dan berkembang, dengan perspektif baru yang lebih positif, menyesuaikan keadaan dengan passion yang kita miliki, menyelaraskan panggilan dengan keadaan dan menggunakan talenta yang kita miliki semaksimal mungkin. Maka kita perlahan akan menemukan apa saja yang sesungguhnya menjadi panggilan sejati kita, dan kehidupan  akan mengarahkan kita pada situsai dan posisi yang terbaik untuk kita. Dan kita pada akhirnya menjalani hidup dengan penuh  pencapaian dan kebahagiaan.
                   Buku ini cocok untuk orang yang sedang dalam posisi jenuh atau frustasi di tempat kerjanya, merasakan kehidupan yang stagnan, berada di tempat, posisi dan keadaan yang salah. Benar benar putus asa untuk berhenti kerja dan mencari pekerjaan lain. Untuk sebuah perenungan sebelum menentukan langkah selanjutnya, untuk tidak melakukan pencarian keluar tetapi terlebih dahulu melihat kedalam diri, mengetahui benar-benar situasi apa yang benar-benar tengah terjadi pada dirinya.
                   Dalam cerita perjalanan pencarian Josh, orang-orang yang ditemui josh dalam perjalanan menuntunnya dengan berbagai cara untuk menemukan akhir pencarian tersebut, termasuk Dharma, anjing miliknya. Dharma yang seringkali penulis menempatkan pemikiran dan sudut pandangnya dalam pemikiran sebagai sang anjing itu. Guk… guk.. guk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar