Senin, 08 Oktober 2012

Escape Over the HImalayas Oleh Maria Blumencron

Escape Over the HImalayas Oleh Maria Blumencron
Penerbit: Imania
ISBN: 978-602-95607-0-1
Cetakan 1, Oktober 2009
Penerjemah: Siska Isabela

Buku ini menceritakan perjalanan penulis saat berusaha memfilmkan secara documenter pengungsi-pengungsi cilik dari Tibet yang melintasi pegunungan Himalaya demi pendidikan dan masa depan yang lebih baik di Darmasala, India utara, tempat sang panutan Dalai Lama bermukim.

Titik balik perjalanan hidup Maria Blumencron yang menakjubkan dan menggugah ini dibingkai oleh kisah enam bocah tibet dengan latar belakang yang berbeda tetapi sama memilukan. Pema kecil dari Tempa yang trauma dan rapuh, Tamding yang arif, Chimi yang melindungi, Dolker yang lembut, Dhondup yang pandir dan pencemburu, dan Lakhpa yang asing. Berjuang mengatasi perpisahan dan melawan kerinduan pada sosok ibu.Juga kisah tentang seorang pemandu yang penuh dedikasi, seorang biksu muda dan seorang desertir yang mereka berjuang bersama-sama menaklukan tantangan alam pegunungan himalaya yang begitu keras dan dingin.

Maria Blumencron memotret kehidupan masyarakat Tibet yang hidup secara tertekan secara politik, ekonomi maupun keyakinan dalam pendudukan kekuasaan China, benturan kebudayaan, dan perjuangan mencari kemerdekaan dirangkai dengan kalimat kalimat puitis di setiap halamannya. Sebuah buku yang inspiratif dan menggugah sisi kemanusiaan kita sekaligus menampar sisi ego kita yang selalu sibuk mengeluhkan akan kehidupan.

Catatan sebagai pembaca, sepertinya akan lebih membantu jika ditambahkan catatan penerjemah untuk istilah-istilah dalam bahasa Tibet yang digunakan dalam buku ini, sehingga pembaca tidak perlu menebak-nebak dan menunggu lama hingga mengerti apa apa yang dimaksud.

Kutipan: Hal 127.
"Walaupun pada kenyataannya segalanya menjadi lebih sulit seiring berjalannya waktu, akan tetapi, jiwa akan tumbuh bersama tuntutan-tuntutan yang diminta hidup kepada mereka."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar