Selasa, 02 Oktober 2012

PENDAKIAN MAUT KE HIMALAYA, dan 8 Kisah Nyata Lainnya Seputar Keberhasilan dan Kegagalan Dalam Memimpin. Oleh Michael Useem



Judul        : PENDAKIAN MAUT KE HIMALAYA, dan 8 Kisah Nyata Lainnya Seputar Keberhasilan dan Kegagalan Dalam Memimpin.
Penulis    : Michael Useem
Penerbit : PT. Bhuana Ilmu Populer
ISBN         : 979-074-852-3
                    978-979-074-852-1

           
    Terdiri dari 9 peristiwa dari berbagai rentang waktu dan latar belakang yang berbeda tetapi berintikan perihal sama, tentang pengambilan keputusan, tindakan, tidak hanya yang sukses tapi juga yang gagal, salah atau hanya terlambat tetapi berakibat fatal, contoh-contoh kasus dari berbagai kepemimpinan. Judul dari buku ini sendiri adalah salah satu kisah yang dituturkan didalamnya

                   Diawali bukan dari cerita pendakian ke Himalaya, melainkan dibuka dengan kisah Roy Vagelos dari  Merck yang memutuskan  memproduksi obat untuk penyakit river blindness, obat yang dibutuhkan oleh orang-orang yang tidak mampu membelinya. Sebuah proyek yang dilihat dari sisi komersial jangka pendek hanyalah sebuah proyek tidak menguntungkan. Sebuah keputusan yang kontroversal pada saat itu tetapi pada akhirnya terbukti berbuah manis. Kisah berlanjut tentang para smoke jumper di Montana, bagaimana kepemimpinan seorang Wagner Dodge teruji dalam 56 menit yang kritis, dimana secara brilian dia mampu lolos dari dinding api yang mengincar nyawanya, skill dan pengalaman yang mumpuni bagi seorang pemadam kebakaran tetapi dinilai gagal dalam kepemimpinan karena 13 anak buahnya tidak mampu lolos dari maut. 
                   Kisah ketiga adalah moment kepemimpinan Eugene Kranz  dalam memaksimalkan potensi setiap anggota kelompoknya dan membawa pulang Apollo 13 ke Bumi, di lain cerita ada pula kisah pendakian maut Arlene Blum dalam menaklukan Annapurna, bagaimana kesuksesannya dalam memimpin ekspedisi  wanita pertama dalam pendakian ke Himalaya menjadi ternoda. Ada pula kisah dari jaman perang saudara di Amerika, dimana Joshua Lawrence Chamberlain yang sama sekali tidak memiliki latar belakang militer harus memimpin para prajurit desertir yang kehilangan motivasi berperang untuk mempertahankan bukit Little Round Top yang secara gencar diserang oleh pasukan Konfederasi.
Tiga kisah lain adalah Clifton Wharton yang merestrukturisasi institusi TIAA-CREF, pialang besar John Gutfreund yang kehilangan Salomon Inc. dan Nancy Barry yang memilih bergabung dengan Women’s World Banking, ketiga cerita ini penuh dengan istilah teknis moneter yang membuat saya agak sulit untuk mengikuti alur ceritanya.
Cerita ditutup oleh kisah perang saudara yang berdarah di El Savador dan bagaimana determinasi Alfredo Cristiani presiden yang menjabat saat itu dapat mengakhiri pertikaian yang berkepanjangan itu dengan langkah persuasif di meja perundingan dan membawa El Savador kedalam perdamaian.
Michael Useem merangkai kesembilan cerita dengan apik, melengkapi setiap topik bahasan dengan sebuah kesimpulan kepemimpinan. Bagaimanapun sebuah contoh peristiwa nyata dapat memberikan impak lebih  dalam proses pembelajaran kepemimpinan dibanding penjelasan poin per poin saja. Dan buku ini dapat meningkatkan simpanan ingatan kita akan momment kepemimpinan, memandu dan memberikan gambaran tindakan yang dapat diambil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar