Selasa, 02 Oktober 2012

Kisah 47 RONIN, oleh John Allyn



Judul                     :Kisah 47 RONIN, Pembalasan dendam mantan Samurai                                   atas kematian majikannya.
Penulis                 : John Allyn
Penerbit                : Penerbit Matahari
311 hlm.

Sebuah epic,
Tentang kekuasaan dan kesewenangan, saat  zaman bergeser dan berbenturan dengan  tradisi dan kebudayaan, saat shogun yang berkuasa memberlakukan peraturan yang menyengsarakan dan hukum yang berjalan carut-marut.

Tentang konsekuensi dan harga diri, seorang daimyo yang memegang teguh prinsip dan berusaha untuk tidak turut larut dalam sistem yang korup harus membayar mahal atas tindakan yang dipilihnya, ketika dia dipaksa harus membela kehormatannya.

Tentang kesetiaan dan nurani. Ketika para ronin memilih mengambil tindakan atas apa yang terjadi pada tuan mereka. Bukan semata untuk membalas dendam tetapi atas nama tanggungjawab dan kehormatan. Bahwa mereka merasa berkewajiban melindungi  dan harus membayar tunai janji kesetiaan mereka.

Tentang dedikasi , pengorbanan dan nilai-nilai yang dijunjung luhur . saat para ronin dalam penantian panjang menunggu petisi yang memperjuangkan keadilan yang mereka tuntut dan kematian yang menunggu mereka atas apa yang mereka anggap sikap moral tertinggi, pembuktian diri sebagai samurai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar