Selasa, 02 Oktober 2012

PERANG EROPA JILID III oleh P.K Ojong

Judul: PERANG EROPA JILID III
pengarang: P.K Ojong
Penerbit: Penerbit Buku Kompas
xii + 394 hlm.; 14cm x 21cm

Jilid terakhir dari kompilasi serial tulisan P.K Ojong yang pernah dimuat di majalah mingguan Star Weekly ini mengisahkan secara kronologis pendaratan sekutu di pantai Normandia hingga akhir dari perang dunia III yang sekaligus dimulainya era perang dingin blok barat dengan blok timur. Seperti buku-buku sebelumnya, diulas kekejaman Nazi yan tidak hanya tertuju pada kaum yahudi, perjuangan rakyat Polandia khususnya di Warsawa dan visi politik Curcil dan Stalin yang melesat jauh kedepan secara menakjubkan.

Dari segi teknologi, menarik sekali bahwa sebuah perang  dapat mendorong manusia berinovasi dalam teknologi dengan sangat cepat. Bila dalam Perang Eropa Jilid II kita biisa melihat perkembangan jenis-jenis ranjau yang saling susul menyusul, atau teknologi radar, pada jilid I adalah kapal perang dan kapal selam, maka pada jilid terakhir Perang eropa ini dapat kita ketahui awal perkembangan roket jarak jauh berhulu ledak yang dalam perkembangannya kini menjadi rudal, atau dimulainya teknologi pesawat jet dan kapal selam listrik, juga penemuan pipa minyak bawah laut yang ternyata  lahir dari hasil peperangan ini.

Satu hal yang ingin saya komentari adalah mengenai  doa Jendral Patton ketika cuaca buruk melanda, dan pada saat itu Jerman melakukan ofensif terakhirnya di Ardennes. Karena jika dibaca dalam buku ini, isinya yang begitu provokativ itu (menurut saya pribadi), membuat saya ingin merasakan emosi dari doa tersebut, maka untuk itu saya melakukan pencarian dalam versi bahasa aslinya, sayangnya dari semua hasil pencarian untuk doa Jendral Patton tentang cuaca, meruju hanya pada satu doa yang apabila diterjemahkan kentara sekali bedanya. Ilustrasi yang mendeskripsikan kejadiannyapun sangatlah berbeda, versi yang saya temukan (yang beredar secara umum pada saat ini) adalah, doa tersebut dibuat oleh seorang pendeta militer yang diminta oleh Jendral Patton untuk dibagikan dalam bentuk kartu pada serdadunya. Bukan doa yang diucapkan langsung oleh Jendral Patton Mungkin penulis menemukan sumber yang tidak bisa saya temukan, atau mungkin penulis menerjemahkannya secara bebas, entahlah.

Halaman 209, Doa Jendral Patton

… Pada saat itulah terjadi suatu peristiwa yang kemudian  termasyhur, yaitu apa yang dinamakan  Doa Jendral Patton”……....   Jendral yang berbadan padat dan besar ini berdiri disana (red: kapel), berdoa meminta bantuan Tuhan supaya cuaca buruk secepat mungkin diubah-Nya, supaya ia bisa melancarkan ofensifnya.

Saya tidak mendesak supaya Tuhan menciptakan sesuatu keajaiban. Yang saya mohon hanya cuaca terang selama empat hari. Berikan saya empat hari cuaca terang, sehingga semua pesawat saya bisa terbang , supaya pesawat-pesawat pengintai saya dapat mencari sasaran-sasaran bagi arteleri saya yang jempol. Berikan saya empat hari sinar matahari supaya lumpur yang menyusahkan ini menjadi kering, sehingga tank-tank saya dapat meluncur lagi, sehingga mesiu dan perbekalan dapat disampaikan kepada infantry saya yang kelaparan serta kekurangan peralatannya. Saya membutuhkan empat hari itu untuk mengirim Rundstedt dan angkatan perangnya, yang tidak mengenal Tuhan, ke Walhala mereka….

Sementara naskah doa Jenderal Patton hasil penelusuran saya:

                “Almighty and most merciful Father, we humbly beseech Thee, of Thy great goodness, to restrain these immoderate rains with which we have had to contend. Grant us fair weather for Battle. Graciously hearken to us as soldiers who call upon Thee that, armed with Thy power, we may advance from victory to victory and crush the oppression and wickedness of our enemies, and establish Thy justice among men and nations. Amen.

Beberapa dari sekian banyak sumber yang menuliskan doa Jendral Patton:

http://www.lonesentry.com/blog/general-pattons-prayer-for-weather.html

http://www.pattonhq.com/prayer.html

http://www.politicalpoet.com/patton_prayer.asp

http://www.yosoy.com/New%20Data/Fun%20&%20Photo/Christmas%201944%20~%20General%20Patton%27s%20Prayer.htm

http://www.ww2talk.com/forum/news-articles/12749-patton-prayer-december-8-1944-a.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar