Selasa, 02 Oktober 2012

90 RAHASIA INVESTASI PRIBADI Oleh Elvyn G. Masassya



Judul       : 90 RAHASIA INVESTASI PRIBADI
Penulis    : Elvyn G. Masassya
Editor     : Eko B. Supriyanto
Penerbit  : ELEX MEDIA KOMPUTINDO
Cetakan  : pertama
ISBN      : 978-602-00-2048-8

Buku ini merupakan kumpulan tulisan Elvyn G. Masassya selama lima tahun terakhir dalam rubik Investasi setiap hari minggu dalam Koran harian KOMPAS, yang akhir-akhir ini saya perhatikan penulisannya sering digantikan oleh Alder Haymans Manurung.

Kumpulan artikel ini dibagi-bagi kedalam enam pokok bahasan, bahasan pertama adalah “Dinamika Kekayaan: Belajar dari Orang Kaya,” disini penulis mangajak pembaca untuk memahami pola pikir, sikap dan mental orang kaya, bagai mana orang kaya itu bisa menjadi  kaya. Sebuah pangantar yang tepat sebelum penulis menuju ke pokok bahasan berikutnya, bukankah semua tindakan kita diarahkan dan terpola dari pikiran, attitude dan mental kita, jadi semua itulah yang membentuk seperti apa kita sekarang. Pokok bahasan yang kedua adalah “Anggaran dan Perencanaan Keuangan: Untuk Apa?”; selanjutnya berturut-turut adalah “Prilaku Investasi: Review dan Alokasi Aset Investasi; Jenis investasi”: “Plus & Minusnya; Saham dan Modal”; dan ditutup dengan “Perbankan: Memanfaatkan Produk Perbankan dengan Maksimal”.

Dengan buku ini kita (saya) dapat memahami (ini yang saya pahami, entah secara benar atau salah) bahwa semua masalah financial  berakar dari financial behavior, disinilah semua tindakan bermula dan menentukan kemana arahnya. Menjadi kerangka dari semua keputusan keuangan kita, keputusan yang bersifat logis (logic finance) atau semata bersifat emosional (emotional finance). Dengan sadar kita mengetahui bahwa pendapatan itu  tidak terbatas, kebutuhan itu terbatas dan keinginan itu benar-benar tanpa batas dan kesemuanya adalah tentang pengendalian diri. Apapun tujuan keuangan yang kita tetapkan, harus dibangun dengan financial plan yang tepat dan terencana, dengan budgeting yang menantang, akan tetapi tetap realistis, bias diimplementasikan, memiliki haluan dari kegiatan keuangan dan bersifat konservatif. Disinilah financial behavior kita berperan, bagaimana kita harus terbiasa bersikap inovatif dalam menyikapi biaya, dan melihat daya guna uang dengan perencanaan dan pengalokasian dana. Sebagian artikel juga menjelaskan  tentang portopolio investasi, memilih manager investasi dan securitas.

Walaupun pada saat ini terasa dan terlihat masih begitu jauh (bagi saya), pada akhirnya dengan time horizon yang jelas diharapkan kita bisa melewati tahapan-tahapan “tangga” menuju kemandirian finansial.

Sebagai catatan, pada bab 38, “Matematika” Investasi  empat paragraph pertama dijadikan satu bab utuh untuk bab 51 , “Perencanaan VS Realisasi investasi”.   keduanya berasal dari artikel pada Kompas minggu 3 juli 2011

“Tak ada orang kaya yang tidak melakukan investasi”- Elvyn G. Masassya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar