Sabtu, 28 Desember 2013

Sepeda Merah Vol. 1 Yahwari, oleh Kim Dong Hwa

Judul                   : Sepeda Merah Vol. 1 Yahwari (Bbalgan Jajeongeo #1)
Penulis                : Kim Dong Hwa
Penerjemah         : Meilia Kusumadewi
Edisi                   : Paperback 144 halaman
Penerbit              : PT Gramedia Pustaka Utama (first published 2003)
ISBN13             : 9789792287769


Sebuah grafik novel dari Kim Dong Hwa tentang kehidupan pedesaan yang tenang dan damai di daerah Yahwari, Korea. Cerita terbagi-bagi pada cerita-cerita pendek yang berdiri sendiri tetapi juga saling terkait dari berbagai kehidupan para manula Korea yang menghuni pedesaan tersebut, petugas pos dengan sepedah merahnya menjadi penghubung antara cerita mereka. Melihat foto dari Kim Dong Hwa, saya berimajinasi, merasa dialah sang tukang pos dalam buku ini.

Gambar grafik novel ini sangat rapih dengan detail menawan khas pedesaan, penuh warna tapi terlihat sederhana. Tanpa boros kata, banyak kotak gambar tanpa gelembung dialog sama sekali, tapi setiap gambarnya menceritakan begitu banyak hal, tergantung interprestasi dari pembaca. Saya sendiri meluangkan waktu lebih lama pada setiap gambar dan meresapi apa yang tersirat dan menikmati setiap halamannya.

Yang paling saya suka adalah bagaimana Kim Dong Hwa menggambarkan rumah rumah tradisional korea dengan ornamen-ornamen yang melekat padanya, foto-foto keluarga di dinding, hasil bumi yang bergantungan di atap dan alat pertanian yang tersandar di dinding rumah kayu, juga nenek korea yang sangat mungil dan penuh keriput itu.

 Membaca buku ini membuat saya ingin bersepeda di pedesaan dan rindu untuk memperoleh dan berkirim surat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar