Sabtu, 14 Maret 2015

Kitab Epos Ramayana oleh C. Rajagopalachari



Judul                : Kitab Epos Ramayana
Penulis             : C. Rajagopalachari
Penerjermah     : Yudhi Murtanto
Penerbit           : IRCiSoD
ISBN                : 978 602 7640 51 1
Ceteakan II, February 2013

Saya tahu dan sudah tidak asing lagi, tapi tidak benar-benar tahu tentang kisah Ramayana ini. Itulah alasan utama saya membeli buku ini. Sedangkan nama C. Rajagopalachari pernah saya baca dan dikutip seseorang di sebuah artikel Koran.
Dalam bukunya,  C. Rajagopalachari menuturkan kisah Ramayana versi Walmiki walau seringkali dalam perjalannanya penulis turut menyertakan veris-lain lain seperti milik Tulasi dan Kamban sebagai pembanding.
Bagi saya pribadi kisah Ramayana adalah sebuah kisah epik yang didalamnya sarat akan nilai-nilai kehidupan, namun untuk kalangan tertentu cerita ini tidak hanya berhenti di batas sebagai kisah epik melainkan memiliki nilai-nilai sepiritualiatas yang lebih tinggi, oleh karenanya saya tidak akan memberikan komentar atau kritik apapun atas buku ini. Seperti yang tercantum dalam catatan kaki (hal. 217) keterbatasan saya dalam memahami tradisi suci, agama dan budaya India telah menahan saya untuk melakukannya.

1 komentar: