Kamis, 12 Maret 2015

Change, oleh Rhenald Kasali, Ph.D.


Judul     : Change
Penulis : Rhenald Kasali, Ph.D.
Penebit                : PT. Gramedia Pustaka Utama.
ISBN      : 978-979-22-1232-9
Cetakan keduabelas November 2013

Siapa tidak kenal Rhenald Kasali, wajah dan namanya sering muncul di televisi. Tag di sampul bukunya berbunyi “Tak peduli berapa jauh jalan salah yang anda jalani, putar arah sekarang juga” benar-benar menjadi feromon yang membius saya untuk mendekat. Walau sesungguhnya ketertarikan saya untuk membaca buku ini sudah terbit jauh-jauh hari,  berawal dari salah satu buku Rene Suhardono yang saya baca (saya lupa yang mana) yang memuat testimony Andy Noya(kick andy) yang mengatakan buku ini dan “Who move my chees”-lah  yang menggerakannya untuk berkarya.

Semula saya kira buku ini adalah sebuah buku selfhelp, ternyata lebih fokus pada perubahan korporat, jadi lebih sebagai pegangan untuk para eksekutif dalam melakukan perubahan pada sebuah institusi. Walau demikian, bagi saya yang jelas-jelas bukan seorang eksekutif, buku ini tetap menarik dan membuka wawasan, setidaknya saat perubahan itu datang pada institusi tempat saya bekerja, atau pada elemen manapun dalam kehidupan saya, walau terbayangkan sedikit menakutkan, saya harap, semoga saya tidak gagap dalam menanggapinya, tapi lebih siap dan mampu partisipatif, bukan hanya sekedar menjadi penonton apalagi resisten.

Penulis menelusuri hakikat dan gerak perubahan, dimulai dari yang paling fundamental, menerangkan filosofi, sejarah, dan konsep dasar perubahan. Lalu melihat dan mempercayai perubahan, memulai perubahan, mengubah budaya korporat hingga membuat pesta perubahan dan mengelola harap. Untuk orang yang tidak berkecimpung dalam dunia korporat seperti saya, atau tidak berkubang di ranah manajemen, pembahasan buku ini lumayan terasa berat, untunglah setelah paragraph-paragraph teori yang melelahkan, sebuah contoh kasus selalu terasa  menyegarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar