Sabtu, 11 Januari 2014

Kisah dan Khasiat Teh oleh Ratna Somantri dan Tanti K


Judul               :    Kisah dan Khasiat Teh
Penulis            :    Ratna Somantri, Tanti K
Penerbit           :    Gramedia Pustaka Utama
ISBN 13         :    9789792267327

Buku ini membuka cakrawala pengetahuan saya akan teh yang semula hanya sebatas teh seduh dan teh celup saja. Saya baru tahu bahwa pembeda utama dari berbagai macam jenis teh hanya dari cara pengolahannya Semula saya pikir antara teh hijau, teh seduh biasa, teh kuning, teh Oolong, Matcha adalah jenis tumbuhannya, bahkan saya baru tahu kalau ada yang namanya teh pu erh, saya jadi ingat waktu membaca “Sky Burial” dan “Escape Over the Himalaya”, saya penasaran dengn yang namanya teh mentega yang diceritakan sebagai minuman khas Tibet, saya iseng coba-coba di dapur dengan mencampur teh dengan mentega yang hasilnya tak karuan, pantas saja, seharusnya saya menggunakan jenis teh pe erh ini.

Ratna Soemantri, yang sepertinya saya pernah baca profilnya di Koran harian, mengajak pembaca untuk mengenal seluk-beluk teh lebih dalam lagi, dimulai dari sejarah, perkembangannya hingga mendunia, ragam dan jenis teh itu sendiri dan hal-hal lain yang berkenaan dengan teh.

Dikemas dalam format buku yang cantik dengan ilustrasi yang menggoda, buku ini mampu mengajak saya untuk keluar dari zona jenis bacaan saya, mungkin di halaman-halaman terakhir yang mengurai beberapa resep kue yang menggunakan teh memang saya hanya baca sepintas lalu saya skip,  tapi tidak berarti menilainya tidak menarik, hanya saja saya memang tidak berniat untuk belajar membuat teh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar