Kamis, 02 Januari 2014

Kaledoskop 2013



Rada telat  karena ada tanker LNG naik pas tahun baru, takapalah, daripada tidak sama sekali.

Dalam kurun waktu satu tahun di 2013 hanya 21 buku yang berhasil saya baca,  itupun termasuk dua grafik novel dan dua buku anak yang bisa selesai dibaca kurang dari lima menit. Enam buku dengan empat bintang, tiga buku dengan dua bintang dan sisanya mendapat tiga bintang. Jenis buku saya rasa lumayan beragam untuk ukuran saya, tiga self help, dua buku anak, dua grafik novel, tiga travela atau  biografi/sejarah dan sisanya novel, cukup seimbang antara novel dan non novel. Sementara Moby Dick, Menulis itu indah, dan Life Traveler masih meninggali rak buku bagian yang tidak terselesaikan.
Karena reading challenge 2012 yang terpenuhi dengan mudah dengan menset gol di 12 buku atau membaca satu buku setiap bulannya, maka tahun 2013 saya lipatduakan menjadi 24 buku dalam satu tahun.  Sebenarnya karena tahun 2013 lebih banyak penugasan di papua yang berarti lebih banyak waktu luang untuk membaca, seharusnya target itu mudah dipenuhi, dilihat hanya  dua buku setiap bulan, kelihatannya ini adalah target yang realistis, tapi ternyata hasil tidak sesuai dengan yang direncanakan. Kalau dilihat dari data statistik, dari 440,049 partisipan, hanya 16,082 saja yang terpenuhi, atau berarti hanya 3.7% partisipan yang berhasil memenuhi target yang ditetapkannya, sementara ratus ribuan partisipan lainnya (termasuk saya) hanya sebagai penggembira saja.
Untuk tahun 2014 ini, semula saya akan menargetkan 18 buku saja. Cukup masuk akal, karena tahun 2012 saya membaca 15 buku dan tahun 2013 saya membaca 19 buku diluar buku anak-anak. Tapi setelah dipikir ulang, kok sepertinya pesimis sekali. Saya ingin tetap optimis sekaligus realistis, maka kembali, tahun ini saya memutuskan untuk menargetkan 24 buku. 
Pinginnya di 2014 ini saya bisa lebih aktif untuk ikut kegiatan-kegiatan di BBI, tapi memang saya lumayan gaptek, suka bingung sendiri kalau pengen ikutan acara seperti secret santa atau yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar