Jumat, 25 Januari 2013

Tahun 69 oleh Ryu Murakami



Penulis              : Ryu Murakami
Judul                : Tahun 69
Penerbit            : TransMedia Pustaka
Cetakan I         : 2008
ISBN               : 978 979 799 046 6
283 Hlm

Bercerita tentang masa remaja Kensuke Yazaki atau ” Ken”, di tahun 69. Masa dimana terjadi perang Vietnam, merebaknya kamu hippie dan band-band seperti The Rolling Stones dan The Beatles sedang ngetop-ngetopnya.

Dengan sudut pandang orang pertama, Ken menceritakan masa-masa akhir dirinya sebagai pelajar SMA di kota kecil dengan pangkalan militer Amerika Serikat didalamnya. Ken yang sesungguhnya cerdas, menyerap kebudayaan barat yang mengalir masuk ke Jepang dengan derasnya, dengan idealisme dan jiwa mudanya, bertubrukan dengan nilai nilai budaya jepang yang tradisional dan begitu timur. Gap usia dan kebudayaan menjadikan komunikasi yang terputus antar kedua generasi tanpa sempat mampu untuk saling memahami.

Cerita Tahun 69 menggelinding dengan sederhana, ringan dan kocak namun tetap cerdas. Pemberontakan masa muda Ken pada nilai-nilai tradisional dan keadaan disekitranya menjadikannya sebagai pemimpin dan motor penggerak teman-temannya dalam pencarian jati diri. Bagaimana dia mampu melihat realita yang ada dari perspektif yang berbeda dari remaja lainnya, lihat saja pergumulan batin Ken saat berada di ruang introgasi, tentang perang Vietnam, pangkalan militer Amerika di Jepang, teman SMP nya yang menjadi pelacur, dan lingkungannya yang tak acuh dengan itu semua.

Baginya pemberontakannya adalah sebuah perjuangan, sikapnya yang santai adalah sebuah perlawanan, dan keceriaan adalah kemenangan.
“Kalaupun aku harus dikeluarkan dari sekolah ini, aku tidak akan kalah di hadapan kalian. Seumur hidupku, kalian akan mendengarkan suara tawaku bersenang-senang.” Hal 139.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar