Senin, 21 Januari 2013

Chocolat oleh Joanne Harris




Judul                : Chocolat
Penulis              : Joanne Harris
Penerbit            : Bentang
Penerjemah      : Ibnu Setiawan
ISBN               : 978 979 1227 13 1

Cerita ini dimulai saat Mardi Grass dan berakhir di Senin Paskah. Berlatar Lansquenet, sebuah kota kecil di Perancis. Dua tokoh utamanya adalah Vianne Rocher seorang chocolatier, single parent, pendatang yang liberal dan moderat, dan Francis Reynaud, seorang pastor di paroki, ‘tuan rumah’ yang kaku dan puritan, yang memendam rahasia gelap di masa lalunya. Keduanya saling berpadu saling melengkapi dalam kisah ini seperti pahit dan manis dalam rasa coklat yang khas.

Coklat menjadi beraroma mistis di tangan Rocher, ramuannya membawa angin perubahan dan mambangkitkan jati diri seseorang, bahkan untuk Francis Reynaud sekalipun. Dengan semua detil yang diingatnya tentang Vianne Rocher, laki-laki ini membenci sekaligus terobsesi pada orang yang dia tetapkan sebagai musuhnya, dan seiring cerita berjalan, rahasia-rahasia kecil terungkap menampakan sosok para tokoh seutuhnya

Penulis secara bergantian mengganti sudut pandang orang pertama untuk dua tokoh protagonist dan antagonistnya, sebelum menjadi terbiasa dengan gaya bercerita Joanne Harris, hal ini membuat saya sedikit tersesat untuk sementara waktu.

Istilah dalam bahasa perancis bertebaran di seluruh bagian buku, catatan penerjemah yang terbatas tidak banyak membantu disini. Buat saya, akan jauh lebih nyaman untuk menghayati ceritanya jika bisa memahami jenis-jenis coklat yang tertulis dalam bahasa perancis yang sulit dibaca itu. Repot juga membaca sambil bolak balik mengetik di Google translate.

Cerita yang manis, menyenangkan hingga tetes terakhir, maksudnya hingga halaman terakhir. Kecuali jika anda tidak terlalu tertarik dengan dunia kuliner tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar