Minggu, 07 September 2014

The 100-year-old man who climb out of the window and disappeared. oleh Jonas Jonasson

Judul           : The 100-year-old man who climb out of the window and disappeared.
Oleh           : Jonas Jonasson
Penerjemah : Marcalais Fransisca
Penerbit      : Bentang
ISBN          : 978-602-291-018-3
viii+508 hlm.; 20,5 cm.

Sebelum anda membaca ulasan saya yang sok serius, saya tekankan terlebih dahulu bahwa buku ini adalah sebuah fiksi dengan genre komedi.

Dengan liar Jonas Jonasson menuturkan sejarah global dunia sepanjang abad 20 melalui perjalanan hidup  Allan Karlsson, seorang Swedia yang memiliki kemampuan yang tak dapat dihentikan untuk memandangi sisi baik segala hal.  Tidak hanya itu, dengan nakal Jonas Jonasson menjadikan tokoh rekaannya sebagai kunci dalam begitu banyak peristiwa yang mengubah arah sejarah dunia.

Berawal dari Swedia dan siapa nyana berakhir di Indonesia, perjalanan hidup Allan benar-benar seperti rollcoster. Masa kecilnya tidak bisa dibilang manis, tapi kita (saya) tertawa saat membacanya. Tanpa romansa dan harus menunggu 100 tahu untuk merasakanya, dan kita kembali mentertawakannya. Sesungguhnya hampir sepanjang hidupnya dipenuhi hal getir tapi kita terus saja menertawakanya. Mungkin seperti itulah hidup, semua tergantung bagaimana cara melihatnya. Apa yang dialami Herbert Einstein dan Allan Karlsson tidaklah berbeda, tapi mereka memilih untuk melihat hidup yang mereka  jalani dengan cara yang benar-benar berbeda.

Dengan hanya berbekal sebuah falsafah hidup dari ibunya
"Segala sesuatu berjalan seperti apa adanya, dan apa pun yang akan terjadi, pasti terjadi",
Allan pun menjalani hidupnya. Kalimat itu menjadi pondasi yang kuat dan bekal untuk Allan meniti jalan hidupnya yang seringkali hanya berupa seutas tali yang terbentang diatas jurang. Sungguh dalam hidup Allan saya bisa melihat ungkapan "Hal terbaik yang dapat kita wariskan pada keturunan kita adalah cara kita menjalani hidup".

Untuk saya, *The 100-year-old man who climb out of the window and disappeared* adalah sebuah komedi satir yang mengajak kita mentertawakan hidup lalu merenungkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar