Sabtu, 19 Oktober 2013

blink, Kemampuan Berpikir Tanpa Berpikir oleh Malcolm Gladwell



Judul               : blink, Kemampuan Berpikir Tanpa Berpikir
Penulis             : Malcolm Gladwell
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
ISBN               : 978-979-22-1472-7

            Jika kita pernah merasakan ada yang salah, ada perasaan mengganjal yang mengganggu tetapi sulit diterangkan saat sekilas melihat suatu objek atau serangkaian peristiwa, atau secara sadar membaca situasi dari raut wajah pasangan kita, bisa jadi sebenarnya kita sedang menggunakan kemampuan bawah sadar kita untuk melakukan sebuah penilaian, sebuah snap judgment atau thin slicing. Dalam buku ini, Malcolm Gladwell mengajak kita mengupas fenomena kemampuan bawah sadar kita untuk berpikir tanpa berpikir dari berbagai sudut dan kerangka peristiwa.
Dari berbagai contoh peristiwa yang disodorkan penulis, bisa dilihat bahwa kemampuan melakukan snap judgment ini bisa dimiliki siapa saja, dan sesunggunya sudah sering kita lakukan, masalahnya seberapa akurat penilaian sesaat yang kita lakukan dan sudah benarkah keputusan yang kita ambil dari snap judgment itu? Jika contohnya adalah penilaian para ahli kurator terhadap kouros (bab pendahuluan) dimana hanya dengan melihat sekilas patung kouros itu lalu mereka bisa merasakan ada sesuatu yang janggal, atau analisa yang dilakukan Gottman pada para pasangan suami istri yang hubungannya bermasalah hanya dengan mendengar sedikit percakapan saja (bab satu), memang penilaian sekilas bisa sangat efektif dan tentunya efisien. Untuk contoh peristiwa lain, penilaian sesaat dapat mengarahkan kita pada tindakan salah yang sama sekali tidak beralasan seperti melakukan Warren Harding error dalam sebuah pemilu dimana kita memilih kandidat bukan dari kompetensinya melainkan hanya dari penilaian fisik, pria bertubuh tinggi dan tampan.  Bahkan penilaian sesaat ini bisa berakibat sangat fatal jika dilakukan dalam kondisi stress tinggi seperti yang terjadi pada para polisi yang sedang berpatroli di wilayah rawan kejadian criminal (bab kesimpulan).
Jika saya tilik lagi, penilaian sesaat yang dilakukan para professional yang telah benar-benar mendalami bidangnyalah yang memberikan hasil yang memuaskan, sedangkan bagi orang awam yang sekedar mengandalkan naluri saja sepertinya justru dapat menggiring kepada tindakan yang berbahaya. Jadi, kemampuan snap judgment dan thin slice ini harus dilatih secara intensif dan berkelanjutan agar benar-benar bekerja sebagaimana mestinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar