Selasa, 16 Desember 2014

Travel with Heart, perjalanan menyusuri sudut-sudut dunia. Oleh Mary Sasmiro



Judul : Travel with Heart, perjalanan menyusuri sudut-sudut dunia.
Penulis : Mary Sasmiro
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978 979 22 9349 4

Sebelumnya saya pernah mengulas buku Mary Sasmiro ”Explore, Eat, Enjoy” yang saya kurang tanggapi dengan positif, buku yang memang merupakan koleksi milik istri saya dan ternyata juga memiliki koleksi  karya Mary Sasmiro lainnya. Ternyata lagi dia adalah penggemar tulisan Mary Sasmiro.

Buku ini telah terbit sebelum Explor, Eat, Enjoy, sedari awal memang mengambil film sebagai referensi adalah gaya khas Mary Sasmiro. Mungkin dulu saya setengah bersungut saat dia mulai membandingkan tempat yang dikunjunginya dengan film yang pernah dia tonton, sekarang saya lebih bisa mentolerir, saya hargai kejujurannya untuk menjadi diri sendiri dengan tulus saat menulis.

Dalam buku ini  Mary mengajak berkeliling eropa, asia timur dan di dalam negeri sendiri (Indonesia), melihat keunikan setiap kota dari sudut pandangnya, dengan lamunan-lamunannya yang tak terkontrol dan sering datang tiba-tiba dalam momen-momen tertentu, tentu saja yang berhubungan dengan sebuah adegan film.

Tanpa ragu Mary meluapkan emosinya saat berada di tempat-tempat yang berkesan khusus baginya, sangat ekspresif dan jujur, kadang bahkan dia sendiri melihatnya sebagai tingkah norak, dan dia tidak keberatan dianggap  norak. Itulah yang merubah perspektif saya menjadi lebih respek akan tulisannya. Mungkin disaat yang sama saya malah akan lebih berlaku norak lagi atau bahkan kampungan. Untuk sementara ini, karena belum bisa bertravel ria seperti Mary, saya hanya bisa nyengir saat membaca polahnya.

Di sampul belakang buku tertulis “Mary Sasmiro mengajak pembaca menikmati perjalanan tak hanya dengan mata, namun dengan hati”, maka saya tambahkan, Mary juga mengajak menikmati perjalanan dengan imajinasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar