Jumat, 07 Desember 2012

QUEEN OF DREAM, Ratu Mimpi Oleh Chitra Banerjee Divakaruni



Penulis              : Chitra Banerjee Divakaruni
Judul                : QUEEN OF DREAM, Ratu Mimpi
Alih bahasa       : Gita Yuliani K.
Penerbit            : PT. Gramedia Pustaka Utama
ISBN               : 978-979-22-7395-3
400 hlm; 20cm

Chitra Banerjee Divakaruni  dalam buku ini  membagi-bagi kisahnya menjadi tiga jenis bab yang berbeda, bab-bab dengan sudut pandang pertama sang tokoh sentral, Rakhi, bab yang secara utuh berisi tentang jurnal sang ibu tokoh utama, dan bab dari sudut pandang penulis sebagai narrator. Ketiga jenis bab ini hadir silih berganti membentuk sebuah cerita yang walaupun tidak selalu runut, akan tetapi saling mengisi, seperti potongan potongan puzzle yang tersusun perlahan-lahan membentuk sebuah gambar utuh dari cerita.

Kultur India masih disajikan secara kental dan tajam, mengajak pembaca mencicipi kebudayaan anak benua yang tua dan pekat itu. Buku Chitra Banerjee Divakaruni  yang satu ini tetap menarik untuk dibaca walau saya tidak bisa mencicipi aroma baru dari ceritanya karena masih dalam garis merah buku-buku Chitra Banerjee Divakaruni yang saya miliki sebelumnya, kehidupan para imigran India dan keturunannya di Amerika. Benturan kebudayaan, pencarian jati diri dan konflik bathin dari tokoh-tokohnya. Ordo para penafsir mimpi mengingatkan saya pada para penguasa rempah di buku Chitra Banerjee Divakaruni yang lainnya Mistress of Spices.

Sepertinya tidak ada catatan lain yang perlu saya tambahkan selain saya benar-benar tidak suka denga karekter Rakhi dan ibunya, perempuan-perempuan ini terasa begitu egosentris bagi saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar